Dampak Ngeblog di Indonesia.

16 06 2008

Intro:

Wekz.. lagi-lagi kompetisi blog.. heouheouheouhe.. begitulah yang terpikirkan saat membaca sebuah komentar yang di tuangkan oleh penyelenggara lomba di list comment blog saya. dan sudah pasti.. yang namanya lomba seputar blog, fritz pasti maunya ikuuuttt.. karena banyak alasan.. salah satunya ingin mengembangkan tata cara penulisan “terpublish” yang baik dan enak di baca oleh mereka yang surfing di blog saya… Rupanya si penyelenggara menentukan tiga buah judul lomba yang harus kita pilih..setelah membaca semua persyaratan, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada judul “Dampak Ngeblog di Indonesia”… mengapa?? baca ajah dehh..!!!

Dampak Ngeblog di Indonesia? fritz say: ..woww..!! kalimat yang susah untuk di definisikan artinya.. karena jika membicarakan masalah dampak nge-Blog di Indonesia sering menimbulkan pro dan kontra [berdasarkan apa yang saya baca di media, entah benar atau tidak]. salah satu contoh kontra-nya.. masih ingat kan dengan kalimat-kalimat yang di lontarkan oleh bung Roy Suryo? “Anggap saja blog seperti orang membuang sampah”“Blog tidak bertanggung jawab, bahkan blogger itu tukang tipu”. -cut- tetapi di lain pihak nge-Blog juga bisa menghasilkan nilai positif. banyak hal-hal yang bisa di dapatkan melalui blog, seperti yang selalu saya cantumkan di beberapa postingan baik di blog pribadi ini ataupun melalui jejak yang tertinggal di blog orang lain yakni Blog merupakakan ajang silahturahmi. bukan hanya sampai disitu, kalau kita melihat dari sisi finasial, blog [nge-blog] bisa merupakan pundi-pundi rupiah [ex: google addsense], etc..
Untuk membahas atau menulisan tentang apa saja dampak yang bisa di timbulkan oleh blog [nge-blog] bagi saya akan membutuhkan waktu yang panjang. karena apa yang kita lakukan di dunia blog berbagai macam bentuk dan wacananya, yang berseliweran dari individu yang sering menuangkan hasil olah pikir mereka, entah itu bersifat kontradiksi, personal insult, provokator dan sejenisnya atau sebaliknya yang bersifat enjoy, enak dibaca bahkan menimbulkan inspirasi bagi mereka yang membaca tulisan tersebut.

Blog bukan hanya sekedar tempat posting kalimat, tetapi di dunia ini para blogger bisa melakukan aksi sosial, sebuah tindakan dengan nilai yang sangat agung dalam mengimplementasikan apa yang mampu dilakukan terhadap individu-individu lain yang memerlukan live support.
Di posisi ini, jika kita membandingan sisi yang di timbulkan oleh dunia blogger di indonesia, saya akan selalu berada di posisi pro untuk berdiri dan menyatakan sejauh mana dampak nge-Blog di Indonesia. Reason??… selalu ada alasan untuk menyatakan hal tersebut.. hingga saat ini, selama menapaki dunia blog, banyak hal-hal inspiratif yang saya [mungkin juga kalian] temukan dan berkembang di dalam diri saya [mungkin juga kalian] sehingga membuat pola pikir menjadi lebih inspiratif dan bisa menuangkan suatu inspirasi yang membuat pembaca [blogger] lain merasa enjoy, entah berupa postingan yang berisikan untaian kalimat ataupun deretan image yang membuat alam sadar kita merasa lebih fresh.

So, dari segi mana kita melihat dampak nge-blog saat ini?? … tidak ada skala yang bisa di tetapkan untuk di gunakan, tetapi kembali ke pola pikir kita untuk melihat dan bagaimana kita mencermati aksi dan tindakan para blogger indonesia saat ini..
Bravo blogger indonesia…!!!

PS: postingan di buat untuk ini.๐Ÿ˜€


Aksi

Information

25 responses

17 06 2008
wawan

ayoo om fritz,,
mumpung sy tidak jago menulis, sy dukung kaw saja,,
ayo om fritz,,
kamu pasti bisa,,

17 06 2008
t4rum4

Walah2…. Nanti punya domain 2 dong klo menang. Amin…๐Ÿ™‚

ngeblog emg punya bberapa dampak positif. Mdh2an pdngn negatif/positif blog bsa d pertanggung jawabkan.

Blon aq pasang nih d blog ku.๐Ÿ™‚ abiz, mati lampu… :))

17 06 2008
fritzinfo

@wawan:
begh.. napa ngana te iko le..

@taruma:
thanks linkbacknya.. fritzinfo support terus euy..๐Ÿ˜€

20 06 2008
Gelandangan

saya doakan bro semoga menang lagi

ngomong2 bagaimana dengan domain yg satunya mas ????

21 06 2008
fritzinfo

@gelandangan:
tetep gak mau bozz.. kemaren saya juga sudah komplain, dia bersedia.. tapi tetep gak kebaca dns nya.. account saya gak balik-balik lagi tuh.. maunya saya biar saya ajah yang setting..๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

21 06 2008
Gelandangan

Nanti saya minta pertanggung jawaban dari mas BIMO klo memang dalam minggu ini tidak bisa di sediakan domain saya akan komplain. tapi kayaknya kata mas bimo untuk domain nya Frit dah aktif tu bro yah ????

Info : Tadi Kopdar bersama Eric dari Blogger Palu๐Ÿ˜€

22 06 2008
fritzinfo

gini deh..
.. gak jadi.. udah ngobrol di YM tadi๐Ÿ˜€

24 06 2008
Gelandangan

Coba di cek mas domainnya sudah diarahkan ke hosting 000webhost
ada kesalahan dari mas bimo oke terima kasih

24 06 2008
fritzinfo

oke mas.. makasih๐Ÿ™‚

26 06 2008
t4rum4

Walah2…. Fritz ga bwt artikel nih? Kok sepi sih…..

27 06 2008
t4rum4

Diundur acaranya ampe tanggal 5 Juli…

28 06 2008
fritzinfo

masih sibuk om.. jadi artikelnya blom ada.. di undur? oke deh๐Ÿ˜€

29 06 2008
eddypalu

wah, om pritz sekarang jadi bandar domain dan hosting neh

30 06 2008
fritzinfo

bukan bandar kasian om.. cuman kebetulan ada ikut lomba depe hadiah domain๐Ÿ˜€

1 07 2008
Affan

sudah ada pengumumannya belom ?
saya votingnya utk blog ini๐Ÿ™‚
maju terusssssssssssssssssssss !

1 07 2008
fritzinfo

weww.. ada tuaka blogger palu..
monggo suhu.. hehehe..๐Ÿ˜€

tgl 5 pengumuman om๐Ÿ™‚

4 07 2008
alee

Ketika dewa Yunani resah dengan terbukanya kotak Pandora oleh anak manusia maka semenjak saat itupula bumi yang selama ini dihuni dalam keadaan aman, sejahtera, (bahasa ORBAnya Toto Tentrem Gemah Ripah Loh Jenawi) menjadi diluar kontrol Dewa-Dewa. Sebab dengan Kotak Pandora itu maka manusia mempunyai kemampuan yang sama dengan Dewa.
Tafsir kisah tersebut diatas adalah kotak Pandora tersebut adalah Ilmu Pengetahuan. Maka semenjak itu dengan pengetahuannya manusia mulai mendekati sifat “ketuhanan” (saya pikir itu justru fitrawi buat manusia untuk menuju kesempurnaan)
Maka manusia mulai menemukan Api, pisau, yang kita juga sama-sama tahu bahwa api dan pisau bisa membawa binasa buat kita. Namun pada sisi lain juga bisa membantu pekerjaan kita sehari-hari.
dalam kasus yang lebih sophisticated adalah ketika nuklir ditemukan. pada sisi lain dia menjadi bencana bagi umat manusia ketika penggunaannya pada kasus Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki (dan kita justru dengan bangganya menceritakan hal tersebut dalam buku sejarah bangsa). Namun ketika digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, ia merupakan potensi yang tak ada habisnya (dengan tabrakan atomnya yang sekarang semakin controllable).
saya pikir blog itu juga bebas nilai, sama seperti ketika perdebatan tentang apakah nuklir itu bermanfaat atau tidak?
Jadi Blog bisa merupakan tempat penyaluran bakat (entah itu bakat nulis yang baik dan benar sesuai EYD, ;P atokah tempat penyaluran yang baik juga untuk bakat-bakat menipu.
Jadi persoalannya bukan pada apinya, bukan pada pisaunya, bukan pada Nuklirnya , bukan pada Blognya, namun pada sisi penggunanya.
Tinggal bagaimana prilaku penggunanya. apakah mentalnya memang penjahat atau sufi.
Jadi yang paling penting sekarang adalah bagaimana Pendidikan itu mampu membuat manusia Indonesia tidak bermental Penjahat.
“Tapi bagaimana mungkin, membaca saja aku sulit…..” (suaranya seperti iklan layanan masyarakat yang pernah ditayangkan di TVRI)
Tapi bagaimana mungkin menghasilkan manusia yang bermental sufi ketika pendidikan yang kita jalani penuh dengan kebobrokan… gaji guru disunat (alhamdulillah sekarang agak mendingan) Dana gedung sekolah di Korupsi (dengar-dengar Depdiknas merupakan departemen terkorup kedua di Indonesia. Yang lebih celaka ternyata Depag urutan pertamanya). Belum lagi bicara sistem pendidikan kita yang carut marut.
Jerih payah murid sekolah selama 3 tahun ditentukan dengan ujian “sialan” dalam 3 hari. Apalah guna dari Integral, matriks, Aljabar Boole, ketika kecerdasan yang dimiliki murid tertentu adalah dalam bidang musik !!!
Belum lagi standar kelulusan yang dipasang begitu tinggi, tanpa disertai perbaikan infrastruktur, dan suprastruktur pendukung pendidkan. Saya setuju dengan standar kelulusan yang tinggi, Kalau perlu anak SMA ujian TOEFL dengan standar kelulusan 400. Namun apakah sekarang saatnya? Ketimpangan infrastruktur pendidikan Jawa Sumatra dengan Sulampapua. ketimpangan desa dan kota????
entah…….
memang begitu pelik dan carut marut permasalahan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia kita.
PUSING…..!!!!!
ada ide yang lebih baik????

4 07 2008
fritzinfo

@ale:
hmm.. kritis..

ide? .. bentar, gw pikirin dolow..๐Ÿ˜€

6 07 2008
Taruma

Skor anda saat ini 600 dari 800.
Pengumuman akan dilaksanakan tanggal 7 Juli 2008. info lebih lanjut http://taruma.info/lomba

6 07 2008
Taruma

Skor anda 600 dari 800..
Silakan kunjungi situs lombanya.

6 07 2008
t4rum4

Skor anda : 590 dari 800.
Silakan memperbaiki tulisan anda sampai jam 18:00 hari ini.
Pengumuman tanggal 7 Juli jam 14:00 di situsnya.

6 07 2008
fritzinfo

wekz… gitu yah model penilaiannya..

6 07 2008
t4rum4

Heeh. Penilainnya kudu bener2. Aq gak mau salah tangkep. Hehehe. Aq bwt daftar penilainnya 3 jam. Aq bru tidur jam 2 subuh. Waduh pokoknya prosesnya panjang.

19 07 2008
ririn

blogger tukang tipu? hihihi.. iya juga sih.. abis site punya sendiri. mo tulis apapun,, mo ngibul sekalipun, boleh,hehe

19 07 2008
fritzinfo

@ririn:
saya cuman copas kalimatnya om Roy Suryo๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: