Entahlah…

27 06 2011

Saat lagi searching quote untuk di jadikan bahan pemikiran yang bisa mencerahkan hari ini, ketemu quotenya Samuel Wesley; Do all the good you can, By all the means you can, In all the ways you can, In all the places you can, At all the times you can, To all the people you can, As long as ever you can… jadi teringat kejadian beberapa hari lalu di tempat kerja… seorang pasien dengan kasus kejahatan yang pernah di perbuatnya. sempat beberapa saat berbincang mengenai kehidupan dia di perantauan, dari situ saya sedikit paham bagaimana kerasnya hidup dalam mempertahankan diri serta mendapatkan sesuap nasi [dan segepok rupiah, juga seonggok emas].. gubraakk.. untuk membuat diri menjadi aman dan nyaman tidak harus selalu menghindar, kadang di perlukan tindakan agresif, walaupun konsekuensi yang akan di terima belakangan akan buruk, yang penting harus tetap hidup [benar atau tidak pendapat ini.. entahlah..]
Hari-hari setelah perbincangan itu, muncul rasa empati atas kondisinya, mobilisasi fisik pun terbatas bukan karena faktor penyakit tapi karena faktor eksternal buah dari tidakan sebelumnya… [tapi beberapa teman mengatakan.. sapa suru, itu ngana rasa]… berpikir sebelum bertindak merupakan perilaku yang bagus, tapi untuk kasus yang di alaminya, bagi dia sudah merupakan tindakan yang tepat.. dalam kondisi terdesak dan panik kita kadang tidak bisa berpikir “baik dan cepat”.. entahlah..

Dalam situasi dia sekarang ini, rasa syukur masih terlihat dalam dirinya.. setiap makan dan konsumsi obat selau berdoa, tidak emosional walaupun rasa sakit menderanya, selalu mengucapkan terimakasih atas setiap tindakan pengobatan/perawatan setelah selesai di berikan, bahkan setelah selesai berbincang-bincang pun dia mengucapkan terimakasih.. yah mungkin itulah bentuk rasa syukur atas apa yg dia terima walaupun sanak keluarga tidak berada disisinya saat dia dalam kondisi seperti itu, masih ada orang lain yang peduli.. lagi-lagi, entahlah..

Lakukanlah semua kebaikan yang dapat kamu lakukan, dengan segala kemampuanmu, dengan semua cara yang kamu bisa, di segala tempat, kepada semua orang, selama kamu bisa..

*kayak ceramah saja.. entahlah..*😀


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: