Colour My World

25 10 2011

Waktu menunjukan pukul 05:00 wita, masih ada waktu kurang lebih se-jam sebelum keberangkatan ke tekape… bangun, nyalain laptop, konek ke internet, login ef-bi, ternyata ada salah satu koordinator APS yang lagi online juga, ngobrol bentar langsung di suruh ke kantor Divisi BK. kali aja masih ada yang perlu di persiapkan untuk keberangkatan menuju lokasi bencana alam di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.
Jam 06:00 wita [lebih dikit], Tim APS BK berangkat menuju lokasi yang dimaksud, dengan mengendarai sepeda motor sendirian [tim yang lain naik roda empat] dengan bla.. bla.. bla.. ternyata lokasinya lumayan jauh juga. perkiraan saya sebelumnya cuman puluhan kilometer saja, ternyata setelah tiba di tekape dan melihat speedometer ternyata ratusan kilometer boo..rupanya lokasi berada dekat perbatasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.. capek kan naik motor sendirian… :linux2:
Jam 09:00 wita [lebih dikit] tiba di posko pertama, istirahat sebentar dan lanjut lagi jam 09:30 menuju tekape.. medan yang di lalui lumayan menantang, melewati sungai dan kubangan lumpur, tapi tetap saja dengan santai [tepatnya nekat] membawa sepeda motor, alhasil alas kaki ketinggalan di kubangan lumpur [pulangnya nyeker sih gak, karena balik lagi ngubek-ngubek lumpur nyari alas kaki] :hammer:
Tepat jam 10:00 tiba di tekape, say hai aka basa basi dengan warga, di mulailah pembagian sembako untuk warga yang tertimpa musibah banjir bandang, di ikuti dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis…. karena saya di bagian tim kesehatan maka lumayan sakit juga telinga saat melakukan pengecekan tekanan darah para warga, karena total warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan berjumlah 105 orang/pasien.. :linux2:
Ada beberapa kendala yang di temui saat pemeriksaan kesehatan terutama saat anamnese/komunikasi, karena masih ada warga yang belum paham berbahasa indonesia, mau gak mau minta bantuan warga lain dan tim lainnya yang mengerti bahasa setempat untuk di terjemahkan.. keluhan terbanyak batuk dan sakit kepala.. 😮 Baca entri selengkapnya »

Iklan




APS BK

20 10 2011

Bangun kesiangan terima telepon malah mengucapkan selamat malam :hammer: … yang nelpon marah-marah.. Umphh.. ternyata beliau telpon menanyakan senin depan [24-10-2011] dinas apa, beliau mengajak buat kegiatan untuk bencana alam di salah satu daerah di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah… dalam bentuk apa? Life Support dan Pengobatan Gratis.. siipp deh.. apapun bentuk kegiatannya, saya siap menuju tekapeh. Rencana keberangkatan senin subuh, pulangnya sore-malam, karena jarak yang lumayan jauh dari Kota Palu.

Berikut kutipan berita untuk Bencana tersebut yang di ambil dari tribunnews.com

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir bandang yang terjadi Donggala pada Jumat (14/10/2011) pukul 16.00 WIB di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah  menyebabkan ratusan rumah rusak.

Tercatat, tujuh desa terkena banjir bandang yaitu Desa Mbuwu, Desa Watatu, Desa Suluwana, Desa Walombi, Desa Malimo, Desa Lumbu Lama, Desa Nguwara. Banjir bandang menyebabkan 3 orang meninggal yaitu Sinim (70), Neti (8), Neli (5).

“Banjir bandang disebabkan hujan deras di bagian hulu selama 3 jam mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Akibatnya debit sungai Mamua dan Sungai Mbuwu meluap hingga ketinggian 2 meter. Terjangan banjir bandang hanya berlangsung sekitar 1 jam,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (16/10/2011). Baca entri selengkapnya »





Beside You

14 10 2011

Diawali dengan sebuah pertemuan “???”, kemudian berkembang menjadi sesuatu yang sulit untuk di lupakan…Well.. potongan lirik di bawah ini, mewakili isi postingan blog kali ini.. 🙂 [Once – Aku Mau]

Aku mau mendampingi dirimu
aku mau cintai kekuranganmu
selalu bersedia bahagiakanmu apapun terjadi kujanji kan aku ada

Setiap manusia berhak memilih dan menentukan arah perjalanan hidupnya, tentu dengan segala resiko yang akan terjadi kemudian. Jika memang di ijinkan, aku akan melakukannya seperti potongan lirik di atas..
Terlalu berlebihan? Tidak bagi saya.. perasaan, selera, ketertarikan atau apapun namanya, tidak bisa paksakan untuk “Jangan atau Lakukan”

Wherever you go, whatever you do, I’ll always beside you.. 🙂





Getting To Zero

13 10 2011

Selesai juga memberikan pembekalan mengenai HIV/AIDS ke teman-teman komunitas internet KRP, agak repot juga mempersiapkan dan membawakannya dengan bahasa yang sederhana agar mudah di pahami oleh teman-teman KRP.
Janjian pembekalan jam 5 sore, molor… jadinya di mulai jam 18:00 karena menunggu beberapa teman yang sudah janji sebelumnya akan datang. infocus sudah siap, eh malah saklar listrik rumah teman sering turun.. mampus.. bisa-bisa tidak jadi pake infocus nih.. tapi setelah memadamkan beberapa lampu, dan alat elektronik lainnya, akhirnya bisa juga… fiiuuhh..

Ada beberapa hal yang bisa saya tangkap dari pola pikir mereka seputar HIV/AIDS, memang benar ada beberapa kesalahan persepsi dan pandangan yang beredar, dan mereka juga beranggapan sama… tapi setelah presentasi tadi, sedikit demi sedikit mereka bisa memahaminya… semoga acara bulan November-Desember 2011 nanti bisa berjalan dengan baik..
Saatnya mempersiapkan kebutuhan 2011 AIDS Campaign.. 😀 Baca entri selengkapnya »





New Spirit For Kaskus Regional Palu

12 09 2011

Jaman sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Karena kebutuhan internet yang begitu pentingnya, sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan signifikan.

Kaskus “The Largest Indonesian Community” merupakan komunitas dunia maya terbesar di Indonesia yang didirikan oleh 3 orang mahasiswa asal Indonesia pada tahun 1999 di Seatle Amerika Serikat dalam bentuk forum online, yang kini berkedudukan di Jakarta dengan nama perusahan PT. Darta Media Indonesia, ikut serta menyediakan wadah untuk para pencinta internet di Sulawesi Tengah dalam berinteraksi melalui forum online dengan berbagai individu yang berada di Sulawesi Tengah (Kota Palu pada khususnya) dan yang berada di luar Sulawesi Tengah dengan nama Kaskus Regional Palu (yang kemudian di singkat KRP). Baca entri selengkapnya »





Selamat Idul Fitri 1432 H

30 08 2011





Penggalangan Dana Untuk NADINE [penderita PDA] Palu, Sulteng

20 08 2011

Tadi siang lagi ngaskus, ada teman yang PM memberitahukan mengenai seorang anak yang menderita Kelainan Jantung Bawaan, dia mendapatkan informasi lewat facebook seseorang, kemudian TS menindaklanjutinya dengan menghubungi teman Kaskuser Regional Palu untuk berkunjung ke rumah keluarga tersebut… malamnya kami langsung ke tekapeh.

NADINE.. seorang gadis cilik berusia 4 tahun pasangan Bpk. Faiq Umar dan Ibu. Desi… sejak usia +/- 1 tahunan di diagnosa menderita Kelainan Jantung Bawaan [PDA]. satu tahun terakhir penyakitnya semakin parah. setiap hari [terutama tengah malam] nadine mimisan [keluar darah sampai bergumpal] dan selalu berlangsung selama 3-5 jam baru berhenti. dokter menyarankan untuk segera di operasi, karena keterbatasan ekonomi, keluarga tidak bisa berbuat banyak.. pihak keluarga sudah mengupayakan untuk mendapatkan layanan Jamkesmas tetapi tidak berhasil..di tolak dengan alasan..bla.bla..bla..dari pihak kelurahan.
Jika Nadine mimisan, ibunya dengan sabar menenangkan nadine, dengan meneteskan air mata.. tetapi dalam penderitaannya, Nadine justru menguatkan ibunya dengan selalu berkata “Kenapa mama menangis, tidak usah joh mama menangis”… 😦 Baca entri selengkapnya »